Kamis, 05 Maret 2015

Pengertian PHP ( PHP : Hypertext Preprocessor )

PHP-MySQL pemula  PHP ( PHP : Hypertext Preprocessor ) adalah bahasa server-side scripting yang menyatu dengan HTML untuk membuat halaman web yang dinamis. Karena PHP merupakan server-side scripting maka syntax dan perintah-perintah PHP akan dieksekusi di server kemudian hasilnya dikirim ke browser dalam format HTML. Dengan demikian kode program yang ditulis dalam PHP tidak akan terlihat oleh user sehingga keamanan halaman web lebih terjamin. PHP dirancang untuk membentuk halaman web yang dinamis, yaitu halaman web yang dapat membentuk tampilan berdasarkan permintaan terkini, seperti menampilkan isi basis data ke halaman web.

     PHP termasuk dalam open source product, sehingga source code PHP dapat diubah dan didistribusikan secara bebas. Versi terbaru PHP dapat di unduh secara gratis di sius resmi PHP : http://www.php.net. PHP juga datat berjalan di berbagai server seperti IIS (Internet Information Server), PWS (Personal Web Server), Apache, Xitami. PHP juga mampu lintas platform. artinya PHP dapat berjalan di banya sistem operasi Microsoft windows (semua versi), Linux, Mac OS,Solaris. PHP dapat dibangun sebagai modul pada web server Apache dan sebagai binary yang dapat berjalan sebagai CGI (common Gateway Interface). PHP dapat mengirim HTTP header, dapat mengatur cookies, mengatur aithentication redirect user.

     Salah satu keunggulan yang dimiliki oleh PHP adalah kemampuannya untuk melakukan koneksi ke berbagai macam softwaresisitem manajemen basis data/Database Management System (DBMS), sehingga dapat menciptakan suatu halaman web yang dinamis. PHP mempunyai koneksitas yang baik dengan beberapa DBMS antara lain Orece, Sybase, mSQL, MySQL, Microsoft SQL Server, Solid, PostgreSQL, Adabase, FilePro, Velocis, dBase, Unix dbm, dan tak terkecuali semua database ber-interface ODBC. PHP juga memiliki integrasi dengan beberapa library external yang dapat membuat anda membuat segalanya dari dokumen PDF hingga mem-parse XML. PHP mendukung komunikasi dengan layanan lain melalui protokol IMAP, SNMP, NNTP, POP3 atau bahkan HTTP. Bila PHP berada dalam halaman web anda maka tidak lagi dibutuhkan pengembangan lingkungan kusus atau direktorikusus. Hampir seluruh aplikasi berbasis web dapat dibuat dengan PHP namun kekuatan utama adalah konektivitas basis data dengan web. Dengan kemampuan ini kita akan mempunyai suatu sistem basis data yang dapat diakses.


Image result for logo amikom
Sumber artikel:
M.Rudyanto Arief
http://rudiyantoarief.com
STMIK Amikom yogyakarta
www.amikom.ac.id

Pengertian Dasar PHP 
  • PHP merupakan kepanjangan dari PHP: Hypertext Preprocessor
  • PHP adalah bahasa skrip server-side (terletak di server) bukan client.
  • Skrip PHP hanya tereksekusi di Server, server akan memberi respon dalam HTML.
  • PHP mendukung banyak database (MySQL, Informix, Oracle, Sybase, Solid, PostgreSQL, Generic ODBC, dll.)
  • PHP adalah perangkat lunak open-source atau source kodenya terbuka.
  • PHP itu GRATIS dan BEBAS dipakai siapapun.
Tentang File PHP
  • File PHP bisa berisi teks, tag HTML, skrip PHP itu sendiri dan juga databese query seperti MySQL, Postgree,dll atau kombinasi semuanya.
  • Dengan bantuan webserver, file PHP disampaikan ke browser ke dalam bentuk HTML
  • File PHP biasanya berekstensi .php, .php3, .php4, .php5, .phps, maupun .phthml
Tentang PHP + MySQL + HTML

     PHP yang dikombinasikan penggunaanya dengan MySQL dan HTML sangat cocok, dan tersedia sebagai solusi yang cross-platform (bisa dipakai di server Windows maupun server Linux/*nix).

Sintaks dasar PHP

Ada empat macam cara penulisan kode PHP, yaitu :
  1. <? echo ("ini adalah contoh script PHP\n"); ?>
  2. <?php echo("inicontoh juga\n"); ?>
  3. <script language="php">
    echo ("tulis pake ini jika html editor Anda tidak mengenali PHP");
    </script>
  4. <% echo ("kalau yang ini mirip dengan ASP"); %>
     Anda bisa memilih salah satu dari empat cara tersebut. Tapi yang paling sering digunakan adalah cara pertama dan kedua. Perhatikan bahwa tiap akhir baris harus selalu diberi tanda titik koma (;).

Seperti pada bahasa pemrograman lain Anda pun bisa meletakkan baris komentar pada program Anda. Pada PHP caranya adalah dengan meletakkan komentar tersebut di sebelah kanan tanda // jika komentar satu baris dan di antara /* dan */ jika komentarnya lebih dari satu baris. 
<? echo ("latihan PHP"; //ini adalah contoh komentar satu baris
/* kalau yang ini adalah komentar
   lebih dari satu baris */
echo ("memang mudah");
?>


Previous Post
Next Post

post written by:

0 komentar: